Strategi Promosi Dalam Berbisnis Jamur

Seiring dengan meningkatnya jumlah permintaan produk jamur di pasaran, semakin banyak pula masyarakat yang mulai tertarik menekuni bisnis jamur sebagai alternatif tepat untuk meraup untung sebesar-besarnya. Hal inilah yang membuat persaingan pasar antar pelaku bisnis budidaya jamur maupun para pelaku bisnis kuliner jamur semakin hari semakin pesat. Sebab, tak bisa dipungkiri lagi bahwa sekarang ini peluang bisnis jamur masih sangat menjanjikan dan pasarnya pun semakin terbuka lebar.

Menyikapi kondisi tersebut, tentunya sebagai pelaku usaha Anda harus berani menciptakan strategi pemasaran jamur yang inovatif agar kegiatan promosi produk Anda bisa berjalan lancar dan tidak kalah bersaing dengan produk jamur lainnya di pasaran. Karena itu, pada kesempatan kali ini kami sengaja menginformasikan kepada para pembaca tentang beberapa strategi promosi yang bisa dilakukan para pengusaha jamur untuk menjaring pelanggan sebanyak-banyaknya.

Pancing konsumen dengan sesuatu yang gratis

Secara psikis, semua konsumen menyukai produk atau jasa yang diberikan secara gratisan. Peluang ini bisa Anda manfaatkan sebagai ajang untuk mempromosikan bisnis Anda kepada khalayak ramai. Misalnya saja dengan memberikan pelayanan konsultasi gratis bagi para konsumen yang membeli bibit jamur dari Anda, memberikan sample produk gratis bagi konsumen yang tertarik membeli keripik jamur, atau memberikan bonus tambahan untuk pembelian jamur segar dalam jumlah besar.

Sertakan kartu nama maupun identitas bisnis

Sertakan kartu nama maupun identitas bisnis Anda ketika sedang membagikan produk gratis kepada para konsumen. Selain memudahkan konsumen untuk menghubungi Anda, strategi ini juga menjadi salah satu cara promosi yang cukup efektif untuk membangun brand produk yang ditawarkan. Semakin banyak konsumen yang mengenal bisnis jamur Anda, maka semakin besar pula peluang yang diciptakan untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih luas.

Mengikuti kegiatan promosi 

Selanjutnya Anda juga bisa membuat atau mengikuti rangkaian kegiatan promosi, untuk mengenalkan bisnis Anda kepada masyarakat luas. Dalam hal ini Anda bisa menyelenggarakan seminar atau pelatihan budidaya jamur bagi komunitas tertentu yang tertarik mengembangkan bisnis jamur, atau bisa juga mengikuti pameran-pameran agrobisnis untuk mempromosikan produk Anda kepada calon konsumen. Dengan aktif di berbagai kegiatan promosi, maka akan semakin besar pula peluang pasar yang Anda miliki.

Memanfaatkan katalog produk maupun brosur

Memanfaatkan banner, katalog produk maupun brosur untuk menarik minat konsumen. Keberadaan alat-alat promosi berupa banner, katalog serta brosur menjadi sebuah media bagi Anda untuk mengkomunikasikan kualitas produk yang ditawarkan kepada calon konsumen. Strategi ini bisa Anda jalankan dengan memasang banner promosi ketika sedang mengikuti pameran, atau bisa juga menitipkan katalog dan brosur produk jamur di beberapa tempat strategis di sekitar daerah Anda.

Promosi melalui iklan di media massa

Promosikan bisnis Anda melalui iklan di media massa. Meskipun saat ini sudah banyak pelaku usaha yang memanfaatkan iklan untuk mempromosikan bisnisnya, namun sampai hari ini animo masyarakat terhadap iklan sebuah produk masih sangat besar. Maka dari itu tidak ada salahnya bila Anda memanfaatkan iklan di radio, televisi, majalah, tabloid, surat kabar, serta iklan banner dan baris di media online untuk mempromosikan keberadaan produk Anda kepada calon konsumen.

Semoga beberapa strategi promosi dalam berbisnis jamur ini bisa menjadi panduan bagi Anda yang sedang bingung memasarkan produk jamur beserta olahannya. Pilih strategi yang paling cocok dengan bisnis Anda, dan praktekan sekarang juga. Mulai dari yang kecil, mulai dari yang mudah, mulai dari sekarang. Ayo berbisnis jamur !!!(bisnisukm.com)
/[ 0 komentar Untuk Artikel Strategi Promosi Dalam Berbisnis Jamur]\

Posting Komentar

Budidaya Ikan Sidat